Onani Teratur Mampu Cegah Kanser Prostat

Masturbasi atau onani adalah salah satu aktiviti seksual non penetrasi yang kerap dilakukan para pria ataupun wanita dari segala jenis usia.

Dari dapatan kajian telah menemui bahwa mereka berusia muda lebih cenderung dan lebih sering melakukan onani daripada golongan yang telah dewasa.

Aktiviti onani adalah salah satu alternatif aktifitas seks yang aman dilakukan. Bahaya melakukan onani timbul jika telah menyebabkan kesan ketagihan sehingga aktiviti seks penetrasi yang normal tidak lagi dirasakan lebih nikmat.

Selain memiliki bahaya, onani juga memiliki manfaat diantaranya dapat mencegah terjadinya kanser prostat. Melakukan onani atau masturbasi secara teratur membuat kemungkinan seorang dihidapi kanser prostat ketika berusia tua semakin kecil.

Satu hasil penelitian yang diterbit oleh New Scientist menyebut bahawa bahan kimia penyebab kanser iaitu zat karsinogen akan terhimpun dalam prostat jika seseorang itu tidak melakukan ejakulasi secara teratur. Kajian tersebut di keluarkan oleh penyelidik dari Cancer Council Victoria Melbourne Australia. Penelitian dilakukan terhadap 1000 orang yang positif mengidap kanser prostat berbanding dengan 1250 normal.

Penyelidik menyimpulkan bahwa mereka yang sering melakukan masturbasi atau onani pada usia 20 sampai 50 tahun memiliki potensi paling kecil mengalami kanser prostat. Peneliti mengungkapkan bahwa kesan pengawalan terhadap kanser prostat boleh dilakukan ketika berusia 20 an. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pria yang mengalami ejakulasi sebanyak lima kali atau lebih dalam seminggu mendapatkan penurunan tahap risiko terkena kanser prostat sehingga sepertiga kali pada saat usia mereka mencapai 50 tahun.

 Kajian ini sekaligus juga menafikan hasil penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa tingginya aktiviti hubungan seksual akan meningkatkan risiko kanser prostat sampai 40%. Penyelidik Australia mengatakan bahwa kajian terdahulu adalah lebih fokus pada tingkat hubungan seksual yang menyebabkan penularan penyakit seksual penyebab kanser prostat, dan tidak menganalisa kesan perlindungan dari ejakulasi.

Ejakulasi Teratur Mencegah Kanker Prostat Graham Giles, salah seorang penyelidik menyebut bahwa melakukan ejakulasi secara teratur dapat mencegah terjadinya penimbunan sel karsinogen dalam kelenjar prostat. Seperti diketahui, prostat adalah kelenjar yang berfungsi menghasilkan cairan untuk mencegah semen dan sperma bercampur saat ejakulasi terjadi.

Cairan tersebut mengandung potasium, seng dan asid sitrat konsentarasi tinggi yang mengalir dari pembuluh darah. Menurut Graham Giles, ejakulasi yang jarang terjadi akan menyebabkan sel-sel karsinogen tersebut berkumpul dalam prostat. Jadi semakin sering anda mengeluarkan atau menyah keluarkan semakin sedikit sel karsinogen yang tertimbun dalam prostat sehingga berlakunya risiko akan terjadi kanser prostat dapat diminimakan.

Kerana itu melakukan masturbasi atau onani secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya kanser prostat.

SUMBER

Post a Comment

0 Comments